baja ringan

Cara Mengganti Atap Baja Ringan

Popularitas atap baja ringan bisa dikatakan semakin meningkat. Terbukti dari banyaknya orang yang menggunakan bahan metal ini untuk kebutuhan konstruksi. Khususnya untuk bagian rangka atap.

Alasannya karena banyak keunggulan yang disandang baja ringan. Mulai dari kokoh, tahan karat, pemasangannya mudah, harga relatif terjangkau, hingga awet. Bahkan kini kualitasnya sudah teruji dengan adanya sertifikat SNI atau yang lainnya.

Namun terlepas dari itu semua, pergeseran atap baja ringan yang berisiko menyebabkan kerusakan parah apabila terus dibiarkan tidak dapat dihindari. Entah diakibatkan oleh kelalaian tukang saat pemasangan awal atau faktor lainnya,yang pasti ini berarti material rangka atap perlu segera diganti.

Dalam hal ini, ada beberapa langkah dan cara mengganti atap baja ringan yang bergeser. Berikut ulasannya.

Cek Bagian yang Bergeser

Hal pertama yang perlu dilakukan pertama adalah melakukan pengecekan bagian mana yang mengalami pergeseran. Cek pula kondisinya, hanya bergeser atau justru mengalami kerusakan.

Mengingat pemasangan rangka baja ringan menggunakan sistem knockdown atau bongkar pasang. Maka tidak masalah jika segera mengganti rangka yang rusak dengan material sama.

Cek Ulang Gambar Kerja

Setelah mengetahui bagian mana yang bergeser atau rusak, segera cek gambar kerja hasil perhitungan awal menggunakan software.

Beberapa hal seperti jenis, profil, panjang, serta jumlah sambungan pada bagian rangka atap yang rusak adalah yang perlu dilihat.

Selanjutnya potong baja ringan sesuai dengan ukuran pada gambar kerja. Hindari untuk melebihkan atau mengurangi ukuran tersebut. Meskipun rangka atap turun ataupun melendut, ukuran baja ringan harus tetap sama seperti gambar.

Lepas Penutup Atap

Sebelum mengganti rangka, terlebih dulu lepaskan penutup atap pada bagian yang akan diperbaiki. Apabila beban melendut terlalu besar atau sekitar 1cm sampai 3cm, lakukan penyesuaian kembali dengan cara menyangganya dari bagian bawah.

Pembongkaran penutup atap pun harus menyesuaikan tingkat kerusakan. Jika memang terlalu besar, maka faktor yang terlalu membebani rangka perlu dilepas.

Itulah trik dan cara mengganti atap baja ringan yang bergeser. Perlu dicatat, sebaiknya semua perbaikan harus dilakukan tukang bersertifikasi dengan perhitungan software baja ringan.

Alasan Kenapa Harus Mengganti Atap Kayu ke Atap Baja Ringan

Alasan yang paling sering ditanyakan dari hasil konsultasi sekian banyak konsumen.

1. Atap Kayu yang Melendut

atap kayu

Atap kayu yang melendut atau berlekuk ke bawah adalah alasan yang paling sering kami temukan. Hal ini terjadi pada rangka atap yang menggunakan kayu yang kualitasnya tidak terlalu bagus.

Namun kayu yang berkualitas tinggi  juga memiliki kemungkinan untuk melendut, pemilik rumah pun khawatir akan resiko ambruk sewaktu-waktu.

Mengganti atap kayu yang melendut menjadi atap baja ringan adalah solusi yang terbaik, karena baja ringan memiliki daya tahan yang jauh lebih kuat dari kayu.

2. Rangka Kayu Terkena Serangan Rayap

Alasan kedua beberapa konsumen kami mengganti atap kayunya dengan baja ringan adalah ada banyak rayap yang memakan rangka kayu . Kayu memang terkenal akan potensinya diserang rayap, baik kayu yang berkualitas maupun tidak.

Adanya rayap yang memakan rangka kayu dikhawatirkan akan menambah kerusakan yang lebih parah, segera ganti atap kayu Anda dengan baja ringan yang tidak membutuhkan biaya perawatan.

3. Khawatir Ambruk

Kekhawatiran akan ambruknya rangka atap kayu juga alasan yang sering kami jumpai. Tentunya setiap pemilik rumah tidak ingin hal buruk menimpa rumahnya, apalagi untuk pemilik rumah yang tinggal di daerah lembab.