EnglishIndonesian
apa itu rangka atap

Apa Itu Rangka Atap? Yuk Disimak

Apa itu rangka atap? Rangka Atap adalah kerangka struktural yang dirancang untuk memberikan dukungan dan kekuatan untuk atap, sangat penting sebagai rangka atap. Mereka menggunakannya sebagai ruang di atas kamar dan terjadi secara berkala, ditopang oleh tiang memanjang untuk dukungan.

Pada dasarnya Rangka Atap adalah struktur kayu segitiga yang dirancang untuk menjaga kekokohan atap. Anda biasanya dapat menemukan tiang penopang di atap bandara, auditorium, stadion, stasiun, dan teater.

Rangka atap terdiri dari tiga komponen utama: akord atas, akord bawah, dan penyangga web . Kerangka terdiri dari tiang, penyangga, dan kasau . Ukuran bagian-bagian ini ditentukan oleh beban, jarak, dan rentang.

Sebuah truss ditempatkan di bawah kompresi dan ketegangan tetapi dirancang untuk tidak menekuk. Itu juga dapat menangani dan menopang beban miring, horizontal, dan vertikal. Ini akan bertahan dalam ujian waktu dan memberikan banyak manfaat struktural untuk bangunan komersial dan tempat tinggal.

Sifat-Sifat Rangka Atap

Karena rangka berfungsi sebagai kerangka utama dan penguat atap, rangka atap harus sangat stabil dan kuat. Selanjutnya, mereka dibangun dari kayu atau logam yang berarti mereka dapat dibuat khusus dan dipindahkan dengan mudah. Berat didistribusikan secara merata di seluruh struktur, sehingga Anda dapat yakin bahwa atap Anda tidak akan jatuh menimpa kepala Anda.

Rangka atap harus ringan tetapi kokoh. Dibandingkan dengan struktur atap yang lebih tradisional, mereka jauh lebih mudah untuk dirakit dan diangkut dari satu tempat ke tempat lain. Namun, mereka membutuhkan lebih banyak tenaga kerja untuk membangun dan memelihara.

 

Pentingnya Rangka Atap

Karena fungsi rangka atap, itulah kunci keutuhan sebuah bangunan. Kita semua tahu bahwa atap tidak diragukan lagi penting karena melindungi kita dari elemen luar yang berbahaya. Tetapi tanpa dukungan rangka atap, mereka tidak akan dapat menjalankan fungsi-fungsi ini.

 

Kenyamanan

Atap yang kuat, ditopang dengan rangka atap, mencegah sinar UV yang berbahaya dari matahari masuk ke dalam rumah. Ini berlaku untuk panas dan cuaca yang intens juga. Memungkinkan suasana yang lebih nyaman di dalam rumah Anda. Panas tidak akan bisa masuk, mendinginkan suhu di dalam.

 

Perlindungan dan Dukungan

Ketika rangka dipasang, ini membantu mencegah kerusakan pada atap yang terbuka. Karena atap adalah garis pertahanan pertama terhadap unsur-unsur lingkungan, itu harus diperkuat lebih lanjut. Fungsi utamanya tentu saja untuk menutupi dan melindungi rumah dari paparan sinar matahari dan hujan.

 

Jenis Rangka Atap

Terbuat dari kombinasi kayu dan logam, terdiri dari bagian atas dan bawah. Yang menarik dari rangka Howe adalah memiliki jangkauan yang luas dari 6 hingga 30 meter.

 

Rangka Kipas

Rangka kipas biasanya dibuat dari baja. Ini memiliki rentang 10 hingga 15 meter dan merupakan salah satu rangka atap yang lebih sederhana.

 

Rangka atap Gunting

Rangka jenis ni digunakan terutama di gereja dan katedral. Pos akord bawah dari truss ini saling bersilangan dan terhubung ke akord atas pada suatu sudut. Ini memiliki penampilan yang mirip dengan gunting terbuka, maka namanya seperti itu. Rangka atap gunting menawarkan dukungan ke langit-langit berkubah dengan rangka standar lainnya.

Mencari rangka atap yang sempurna untuk digunakan di rumah Anda? Hubungi Restorasi Atap Menakjubkan. Kami adalah bisnis pengecatan dan perbaikan. Dengan pengalaman puluhan tahun dan kontraktor berpengetahuan.

Anda pasti akan mendapatkan kepuasan yang maksimal bersama kami di Auri Steel! Kami mengkhususkan diri dalam atap perumahan dan komersial, hanya menggunakan bahan atap berkualitas tinggi. Demikianlah Artikel tentang rangka atap yang bisa saya tulis semoga bermanfaat, terimakasih.